Kuliner Indonesia dan Corak Masa Depan Dunia 


rendang
sumber : wikipedia

Kultur Indonesia terbukti menghasilkan warna-warni kuliner yang kaya akan nilai-nilai kebaikan. Keragaman gizi, protein, karbohidrat, serat, nutrisi yang terkandung dalam menu-menu tradisional menjadi bagian dari kebanggaan terhadap bumi nusantara. Betapa sehat makanan Indonesia. Bahkan, mitigasi risiko kelaparan dapat dilakukan berkat keragaman kuliner di negeri ini, mengingat makanan pokoknya saja sangat beragam. Kekayaan kuliner juga semestinya mampu menjadikan negeri ini mampu mandiri pangan, yang diwujudkan dengan ketahanan pangan meningkat. Untuk itu, kebanggaan terhadap kuliner lokal oleh masyarakatnya juga patut ditingkatkan.

 

Daya tarik menu lokal juga dapat terlihat dari keseteraannya dengan makanan khas luar. Orang tahu bahwa keju bermula dari negeri luar, namun tidak banyak yang tahun bahwa sebenarnya ada menu yang serupa keju di Indonesia, khas dari Enrekang, Sulawesi yang bernama dangke, yang terbuat dari susu kerbau. Sementara di Sumatera Barat, susu kerbau diolah menjadi yogurt bernama dadiah. Baik dangke dan dadiah diolah secara tradisional.

Bila crepes disebut berasal dari Perancis, Solo memiliki jajanan leker yang murah meriah. Walaupun tidak sama persis dengan sushi, di pasar-pasar tradisional ada arem-arem yang harganya terjangkau. Sedangkan salad Indonesia, hadir lewat gado-gado dan rujak.

Negeri ini dan kulinernya memang membanggakan.

Kebanggaan terhadap kuliner Indonesia juga terwujud dari nilai-nilai pangan bijaknya. Preferensi masyarakat dunia terhadap makanan minim olahan dan utuh jauh meningkat dibanding masa dahulu. Perubahan pola pikir dan iklim memang memberikan pengaruh pada santapan era kini hingga masa depan. Masakan dan minuman tradisional Indonesia sejak dahulu tidak hanya mengedepankan cita rasa yang nikmat, namun juga mempertahankan aspek-aspek kelestarian. Lontong berdaun pisang, ketupat berdaun nyiur, kue baje berbungkus daun jagung, gangan di atas daun simpor, tidak hanya memberikan kenikmatan yang utuh bagi lidah, namun juga rasa aman bagi lingkungan. Kuliner Indonesia selayaknya maju teratas.

Sejalan dengan makanan, minuman khas negeri ini yang cenderung berbahan rempah-rempah, pun kini menjadi tinjauan dunia berkat kebaikan yang terkandung di dalamnya.

Apresiasi terhadap kuliner lokal seyogianya membutuhkan gerak yang dinamis. Sementara cinta dan bangga bisa diwujudkan dalam pola pikir yang mengedepankan kuliner nusantara. Karena bangga terhadap kuliner Indonesia adalah bagian dari upaya pelestarian budaya, sejarah, alam, serta nilai hidup bangsa Indonesia. Melestarikan kuliner nusantara berarti melestarikan Indonesia.

Mengajarkan dunia kebaikan kuliner nusantara tidak hanya akan mengenalkan negeri ini, tetapi juga mengajak dunia menambah perbendaharaan kuliner yang bercorak lebih sehat dan aman untuk bumi. Inilah kuliner nusantara, kuliner yang membanggakan.

Terimakasih sudah menyempatkan membaca. Silakan menanggapi walau satu kata.